Minggu, 03 Januari 2016

CHAKRI NARUEBET

Setelah berhasil membuat Principe de Asturias berdasarkan desain STS buatan Amerika Serikat, Bazan kembali membangun kapal sejenis untuk Angkatan Laut Thailand yang diberi nama Chakri Naruebet, berbentuk sama tapi jauh lebih sederhana peralatan yang dipasangnya.

Menjadi kapal kebanggaan AL Thailand, masih sulit untuk menentukan tugas seperti apa yang bisa dilakukan Chakri Naruebet yang sebenarnya bisa dilakukan oleh kapal perang yang dilengkapi helikopter. Kemungkinan pembelian kapal induk ini dipicu persaingan antara kekuatan regional seperti Malaysia dan Indonesia 

Untuk menjalankan tugas berpatroli di sepanjang pantai Thailand, kapal ini dipasang mesin CODOG versi ekonomis. Kapal dapat berlayar menjelajah menggunakan mesin diesel, tapi bila ingin berlayar cepat dapat diganti menggunakan mesin turbin gas.

Chakri Naruebet bila dibandingkan seperti Principe de Asturias versi lebih kecil, kompak dan ekonomis, desain ini menjadi dasar yang bagus untuk membangun "conventional trade-protection carrier"
Spesifikasi Chakri Naruebet
Enam pesawat AV-8S Matador ex Angkatan Laut Spanyol dibeli untuk mengisi deck kapal, tapi biasanya hanya helikopter yang dioperasikan. Persenjataan defensifnya berupa 8 sistem peluncur vertikal mk41, namun belum terpasang. Dilaporkan kapal ini akan dipasang 3 Point Defense Systems (PDMS) matra sadral buatan Perancis dan 4 meriam CIWS Vulcan atau Phalanx kaliber 20 mm. Persenjataan ini cukup banyak namun berukuran kecil, tapi kapal ini masih tidak memiliki radar daya jangkau medium dan pengontrol sistem persenjataan. Tidak juga memiliki sistem perang elektronik dan baru direncanakan memasang peralatan sonar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar