Selasa, 05 Januari 2016

VIRAAT

Sebagai kapal ke-4 dan tertunda pembangunannya dari kelas Centaur, Hermes (III) modifikasi besar-besaran sepanjang karirnya. Selesai pada 1959, kapal ini dikonversi pada 1971 sebagai kapal induk komando, mengoperasikan helikopter dan membawa empat kendaraan serang pendarat. 


Berkamuflase abu-abu gelap khas AL India, Viraat berkesan lebih besar daripada bobotnya 23.900 ton. Kapal ini satu-satunya kapal induk Royal Navy yang memiliki elevator di pinggir dek. Tampak kapal ini dilengkapi peralatan elektronik beraneka ragam. Sebagai kapal induk terakhir Royal Navy yang mengoperasikan pesawat sayap tetap, kapal ini digunakan secara maksimal khususnya pada perang Falkland. Umurnya telah mencapai 60 tahun dan melebihi umur pakainya



Lima tahun kemudian, kapal ini dimodifikasi menjadi kapal induk anti kapal selam dan hanya mengoperasikan Sea King. Periode 1980-1981, tugasnya berubah, dipasang “ski-jump” dan menjadi kapal V/STOL. Modifikasi terakhir ini penting karena dipakai intensif saat perang falkland 1982. 

Spesifikasi Viraat

Nonaktif pada 1984, kapal ini Dibeli India pada 1986. Hanya diubah sedikit khususnya pada peralatan elektroniknya, dan terus mengoperasikan Sea Harrier dan Sea King.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar