Selasa, 05 Januari 2016

VIKRANT

Diluncurkan sebagai HMS Hercules pada 1945, Vikrant adalah kapal induk kelas Majestic dari Light Fleet. Belum selesai, kapal ini dibeli oleh India pada 1957, lalu diselesaikan dengan memasang dek miring, ketapel uap, dan pendingin udara. 


Dengan karir selama 35 tahun, Vikrant membuktikan betapa lamanya umur pakai kapal induk eks Light Fleet ini. Bagi AL India yang beroperasi di perairan lepas, kapal ini terbukti sangat andal. Sea Hawk miliknya melaksanakan tugas luar biasa saat perang dengan Pakistan 


Pesawat yang dioperasikan adalah pesawat tempur / serang darat Sea Hawk dan pesawat anti kapal selam Breguet Alize, digunakan saat perang singkat melawan Pakistan. Pada 1980-an, kapal ini ditingkatkan peralatan elektronik dan persenjataannya, dan fasilitasnya diperbaiki agar dapat mengoperasikan Sea Harrier. Selain itu dioperasikan juga helikopter anti kapal selam Sea King.

Spesifikasi Vikrant

Saat terakhir Vikrant yang telah dipasang “ski-jump” ini berfungsi sebagai kapal induk murni V/STOL sebelum dinonaktifkan pada 1996. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar