Minggu, 17 Januari 2016

QUEEN ELIZABETH CLASS

Direncanakan dalam jangka panjang, kapal induk kelas ini menjadi yang terbesar di operasikan Royal Navy. Karena kondisi industri perkapalan Inggris membuat setiap bagiannya diproduksi secara terpisah-pisah, yaitu di Govan, Portsmouth, dan Wallsend, seluruhnya diangkut ke Rosyth untuk perakitan akhir.

penampakan daleman Queen Elizabeth Class, ada elevator dan penampungan pesawat
Pesawat yang dioperasikan yaitu Lockheed Martin F-35 Joint Strike Fighter (JSF) versi STOVL (Short Take Off, Vertical Land). Walaupun ukuran deknya memungkinkan dipasang dek miring, tapi sepertinya tidak dibuat seperti itu. Tidak ada ketapel atau kabel penahan yang dipasang meskipun nantinya mungkin akan dipasang juga bila diperlukan.


Untuk operasi STOVL, ski jump depan diarahkan bisa langsung ke arah depan atau dari sisi kanan. Desainnya unik karena memiliki dua bangunan utama dan diantaranya terletak salah satu elevator. Ukurannya cukup luas untuk menampung F-35 tanpa perlu melipat sayapnya, atau helicopter ASW Merlin, dan pesawat AEW yang belum ditentukan tipenya. 

illustrasi kapal induk Queen Elizabeth tengah mengarungi ganasnya perairan samudera

Propulsinya menggunakan tenaga elektrik, hening dan fleksibel. Generatornya yang digerakkan oleh turbin gas dan/atau mesin diesel akan diposisikan secara khusus sehingga dapat menyediakan tenaga bagi motor penggerak baling-baling. Propulsi yang dipasang pada pod seperti pada kapal pesiar memang terpikirkan tapi kemudian ditolak. Tenaga elektrik yang besar kemungkinan mempengaruhi pemilihan jenis ketapelnya.
Seperti direncanakan, menara pengontrol depan dipakai untuk navigasi sedangkan yang di belakang dipakai untuk pengendali penerbangan. Persenjataan masih belum ditentukan dan masih ada kemungkinan untuk berubah. Kecepatannya sendiri seperti pada rencana spesifikasi ternyata cukup rendah.
Bila jadwal pembangunannya tertunda lagi, kapal induk kelas Invincible pastinya menjadi terlalu uzur untuk terus dioperasikan saat berniat diganti dengan kapal induk generasi baru ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar