Sabtu, 02 Januari 2016

EX - ADMIRAL GORSHKOV

Kapal induk Rusia Admiral Gorshkov sedang dalam proses penyerahan ke India pada 2008. Sempat rusak akibat kebakaran, kapal ini diperbaiki selama empat tahun. 


Ex - Admiral Gorshkov merupakan kapal induk yang sangat andal, tampak jelas pada gambar ini. Peralatan elektronik canggihnya dapat menjadikan kapal ini sebagai kapal komando



Satu-satunya kelas Kiev yang tersisa, Admiral Gorshkov dioperasikan dengan menggunakan Radar planner baru Sky Watch. Bentuknya antenanya besar sehingga mendominasi bentuk menara pengontrolnya. Apakah peralatan elektronik canggih yang dipasang di kapal ini masih dipertahankan oleh India masih belum jelas. 

Saat dibangun, Admiral Gorshkov telah dilengkapi berbagai macam peralatan elektronik canggih. Bila India masih mempertahankan peralatan elektronik ini maka perawatannya akan lebih mahal

Kapal ini merupakan evolusi dari kelas Moskva dan untuk memanfaatkan maksimal fungsi V/STOL, Kiev adalah kapal induk “Through deck”, artinya dapat mengoperasikan pesawat sayap tetap konvensional walaupun belum pernah sekalipun dipasang kabel penahanan atau ketapel. 


Walaupun tata letaknya direvisi, persenjataan di Admiral Gorshkov masih menempati dek bagian depan kapal. Karena tujuan AL India berbeda dengan AL Rusia, sepertinya persenjataan ini akan dilepas seluruhnya


Angkatan laut India membutuhkan kapal induk baru. Admiral Gorshkov berumur 17 tahun, jauh lebih muda daripada Vikrant yang telah dipakai selama 45 tahun. Untuk memaksimalkan potensi nya sebagai kapal induk, persenjataan masif yang terdiri atas SSN-12 SSM, SAM SA-N-9, dan peluncur roket yang memenuhi dek depan akan dikurangi agar dapat dipakai sebagai dek parkir pesawat, ditambah lagi dengan memperluas dek terbang bagian depan. 

Spesifikasi Ex - Admiral Gorshkov

Helikopter anti-kapal selam Ka-27 “Helix-A” ditingkatkan efektivitasnya dengan pemasangan  sonar frekuensi rendah atau medium di bagian bawah haluan dan Variable-Depth Sonar (VDS) di buritan. 
Dikabarkan senjata defensif kapal ini nantinya adalah meriam atau misil jarak dekat (CIWS). Angkatan laut India berniat membangun kapal induk sendiri dan telah meminta bantuan luar negeri untuk mendesainnya. Sepertinya kapal induk berbobot 38.000 ton, dibangun di dok dalam negeri, dan pastinya akan mengukuhkan India sebagai negara adikuasa regional.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar